Jenis & Fungsi Kabel Listrik

Jenis dan Fungsi Kabel Listrik
Kabel listrik berdasarkan tegangannya dapat dibagi kedalam tiga kategori, yaitu :
  1. Kabel listrik tegangan rendah < 3,6 kV
  2. Kabel listrik tegangan menengah 3,6 — 70 kV
  3. Kabel listrik tegangan tinggi 70 - 220 kV

Sementara itu, jenis-jenis penyaluran tenaga listrik diklasifikasikan berdasarkan pemasangannya ada tiga macam :1. Di atas tanah (Overhead)2. Di bawah tanah (Underground)3. Di bawah laut (Sub marine)
Fisik kabel listrik terbagi dua bagian :
  1. Isolator (pembungkus kabel). Terbuat dari bahan termoplastik yang tidak menghantarkan listrik. Isolator berfungsi untuk melindungi kabel agar tidak terpapar sekelilingnya serta menghindari arus pendek. Isolator yang berkualitas baik dapat memperpanjang usia pakainya.
  2. Konduktor fungsinya untuk menghantarkan aliran listrik, bisa terbuat dari tembaga atau aluminium.
Adapun Kemampuan Hantar Arus (KHA) dari penghantar listrik dipengaruhi oleh:       a. Konduktor      b. Luas penampang      c. Suhu      d. Lokasi PemasanganArus listrik yang melebihi KHA dapat menyebabkan kabel panas bahkan dapat merusak isolator. Isolator yang rusak beresiko kesetrum bahkan kebakaran akibat korslet listrik.
Jenis kabel listrik dengan isolator :
  1. Kabel NYA : kabel tembaga tunggal, diameter 1,5 - 2,5 mm, isolator PVC dengan warna merah, kuning, biru dan hitam. Umum dipergunakan pada instalasi listrik di rumah.
  2. Kabel NYM : inti kabel lebih dari satu dan masing-masing dilapis isolator dengan warna berbeda. Semua ini kemudian dibungkus kembali dengan PVC. Oleh karena itu, kabel NYM dapat dipakai di tempat basah dan lembab.
  3. Kabel NYY :  inti kabel serabut lebih dari satu dan masing-masing dilapis isolator dengan warna berbeda. Lapis selubung terluar tebal dan anti gigitan tikus sehingga dapat ditanam dibawah tanah.
  4. Kabel NYAF : sekilas mirip kabel NYA tapi serabutnya bukan tunggal. Kabel NYAF lebih fleksibel dibandingkan kabel NYA karena isolatornya lebih tipis.
  5. Kabel NYMHY : ada beberapa inti kabel serabut yang masing-masing dilapisi isolator PVC dengan warna yang berbeda-beda. Kabel NYMHY dipergunakan untuk tegangan 300 - 500 V.
  6. Kabel NYYHY : ada beberapa inti kabel serabut yang masing-masing dilapisi isolator PVC dengan warna yang berbeda-beda. Biasa dipergunakan diperangkat listrik portable seperti mesin bor, mesin las, dan lainnya. 
  7. Kabel NYRGbY / NYBY : kabel dengan insulator kuat dan dilapis pita serat baja galvanis diantara selubung dalam. Selubung luar terbuat dari PVC.

Jadi ini umumnya yang dicari pembeli kabel listrik:Kabel NYY, NYM, NYFGBY, NYYHY, NYMHY, NYA, NYAF. Distributor, Supplier Kabel Listrik di Jakarta atau Bekasi. Harga Terbaik. Hubungi Kami Sekarang untuk pelayanan Terbaik.