Kode Kabel Listrik

Kode Kabel Listrik yang tertera pada kemasan seperti: 1 x 1,5 mm 1 x 2,5 mm 2 x 1,5 mm 2 x 2,5 mm 3 x 2,5 mmArtinya : Angka 1 menunjukkan jenis NGA dan angka 2 dan 3 menunjukkan jenis NYM, NYA atau NYY.   Simbol x menunjukkan jumlah kabel yang ada.  Angka setelah simbol x menunjukkan luas penampang kabel, contoh : 2,5 mm artinya luas penampang kabel 2,5 mm.
Kode kabel listrik lainnya bisa dilihat berdasarkan namanya, yaitu:
  1. NYA
N : inti tembagaY : isolasi PVCA : kabel isolasi tunggalKabel NYA umumnya menggunakan luas penampang 1,5 mm atau 2,5 mm. dan sering dihunakan untuk instalasi listrik di rumah.
  1. NYY
N : inti tembagaY : isolasi PVCY : isolasi luar dari PVCKabel NYY tepat untuk instalasi listrik tanam gedung dengan adanya isolasi berlapis PVC ini.
  1. NYM
N : inti tembagaY : isolasi PVCM : lebih dari 1 inti kabelKabel NYM 2 x 1,5 mm artinya terdapat 2 kabel tembaga, masing-masing kabel tersebut memiliki luas penampang 1,5 mm.
  1. NYAF
N : inti tembagaY : isolasi PVCA : kabel isolasi tunggalF : serabutNYAF bersifat elastis / fleksibel karena memiliki inti tembaga serabut. Akan tetapi kabel ini rentan terhadap air dan sinar matahari sehingga tidak cocok untuk dipergunakan diluar ruangan.
  1. NYYHY
N : inti tembagaY : isolasi PVCY : isolasi PVCH : kabel fleksibel (fiber)Y : isolasi luar dari PVCNYYHY perlu dipasang ditempat kering.
  1. NYRGbY
N : inti tembagaY : isolasi PVCR : pelindung kawat baja bulatGb : pelat bajaY : isolasi luar dari PVC
  1. ACSR : Aluminium Conductor Steel Reinforced yaitu kawat kabel dari aluminium dan inti baja. Kabel ini biasa dipergunakan pada listrik tegangan tinggi seperti PLN.
  2. ACAR : Aluminium Conductor Alloy Reinforced. Kabel ini terbuat dari campuran logam. Kabel ini biasanya dipergunakan untuk menghantar distribusi listrik.