Mengenal Kabel

Mengenal Kabel
Kabel adalah alat untuk menyalurkan sinyal dari satu tempat ke tempat lainnya. Kategori kabel berdasarkan jenisnya, yaitu:
  1. Kabel Tembaga
a. Kabel Tembaga UTP (Unshielded Twisted Pair). Kabel UTP ini menggunakan konektor RJ-45 banyak dipakai untuk ethernet atau telepon.b. Kabel Tembaga STP (Shielded Twisted Pair)Kabel tembaga harganya murah, fleksibel dan mudah dipasang, namun rentan terhadap gangguan sinyal listrik dan radio. Kabel tembaga memiliki kapasitas bandwith yang kecil.
  1. Kabel Koaksial (Coaxial Cable)
Tiga bagian utama kabel koaksial, yaitu isolator plastik, pelindung anyaman tembaga, dan pelindung luar. Kapasitas kabel koaksial adalah 10 Mbpps 30 Node. Peruntukkannya biasanya sebagai transmisi frekuensi radio.Jenis kabel koaksial :a. Coaxcial RG-62A/U : diameter 6mmb. Thin coaxial cable : diamater 5mmc. Thick coaxial cable : diameter 12mm. Disebut juga yellow cable.d. Coaxial RG 6 : biasa digunakan untuk kabel CCTV.Kabel koaksial perlu kemahiran dalam memasangnya agar tidak ada kendala koneksi nantinya. Harganya juga relatif lebih mahal dibandingkan kabel tembaga. Namun kapasitas bandwith dan jangkauan transmisi kabel koaksial lebih mumpuni.
  1. Kabel Serat Optik (Fiber Optic)
Berfungi untuk transmisi sinyal cahaya. Kabel serat optik terdiri dari transmitter (Laser Diode dan Laser Emiting Diode) serta information channel (serat optik dengan receiver). Kabel serat optik memiliki kapasitas bandwith dan kecepatan transmisi yang cepat bahkan mencapai terabyte. Kabel ini juga ringan dan tidak rentan terhadap gangguan frekuensi listrik. Dengan kelebihan ini tentu saja kabel serat optik harganya lebih mahal serta pemasangannya juga memerlukan instalasi yang khusus.
MKE merupakan distributor / supplier spesialis kabel. Jika ada pertanyaan mengenai stok kabel dan harga kabel, silahkan hubungi kami.
Copper Cable
Coaxial Cable
Fiber Optic Cable